Ankimo (鮟 肝) Hidangan Khas Jepang

Ankimo (鮟 肝) Hidangan Khas Jepang

From Nusantara akan berbagi pengetahuan tentang hidangan luar negeri nih, Ankimo (鮟 肝) Adalah hidangan Jepang yang dibuat dengan hati ikan monkfish.

Pertama hati digosok dengan garam, kemudian dibilas dengan sake. Kemudian vena yang dipetik dan hati yang digulung menjadi silinder dan dikukus. Ankimo sering disajikan dengan momiji-oroshi (cabai parut daikon), dan irisan tipis daun bawang dan saus ponzu.

Ankimo dianggap salah satu chinmi (lezat) dari Jepang. Hal ini tercantum di nomor 32 pada dunia 50 makanan paling lezat yang disusun oleh CNN Go pada 2011

Monkfish adalah ikan karnivora, mulutnya besar dan bergigi. Ikan ini menyelam hingga ke dasar laut. Agar bisa menyerang ikan lain, mulutnya sedikit menghadap ke atas. Di bagian atas mulut terdapat antena yang bisa digerak-gerakkan sebagai umpan untuk menarik perhatian mangsa. Ikan ini juga sering naik ke permukaan laut untuk menyerang burung laut. Kandungan merkuri ikan ini sangat tinggi.
Sumber : https://m.tempo.co/

Ankimo (鮟 肝) Hidangan Khas Jepang

Ankimo telah dimakan di Jepang sudah lama. Banyak yang percaya bahwa  pertama disiapkan nelayan karena mereka tidak mampu untuk membuang bagian dari tangkapan mereka, termasuk hati dari ikan monkfish yang besar. Satu hati monkfish umumnya panjang lebih dari setengah kaki orang dewasa dan berat lebih dari satu pon (untuk monkfish yang ukurannya sangat besar).

Tapi di amerika banyak yang merasa bahwa makan ankimo adalah ide yang buruk. jumlah ikan monkfish di pantai timur hampir habis karena penangkapan ikan yang berlebihan, dan metode penangkapan ikan utama yang digunakan untuk menangkap monkfish yaitu trawl, yang telah terbukti merusak habitat di dasar laut.

Ankimo (鮟 肝) Hidangan Khas Jepang

Beberapa koki sushi berpendapat bahwa hati merupakan produk sampingan dari monkfish dan karena itu bukan bagian dari masalah, tetapi Melissa Stevens riset analisi perikanan tidak setuju.

"Hati sekarang bernilai lebih mahal dari daging, dan itu berarti akan ada permintaan yang besar untuk hati," katanya. "Dengan menciptakan nilai baru ini, para nelayan kini didorong untuk menangkap ikan ini untuk mengambil hatinya dari pada dagingnya."

Menanggapi kritik, rencana pengelolaan perikanan monkfish dilaksanakan oleh New England dan Atlantik Perikanan Manajemen Dewan pada tahun 1999 dalam upaya untuk membangun kembali jumlah populasi monkfish dalam waktu 10 tahun ke depan.

Beberapa koki, seperti Paul Canales dari Oakland Oliveto, mengatakan bahwa nelayan-nelayan tertentu yang dapat dipercaya untuk panen monkfish dengan benar.

Tidak dapat disangkal popularitas ankimo telah meningkat. Ketika ditanya apa yang membuat ankimo layak untuk didapatkan? Okoze's Jason Kim hanya menjawab "Delicious" yang berarti lezat.

Ingin lihat hidangan-hidangan ankimo? mampir di sini https://tofo.me/tag/ankimo

Sekian dari saya mengenai Ankimo (鮟 肝) Hidangan Khas Jepang - semoga bermanfaat.
Share 'Ankimo (鮟 肝) Hidangan Khas Jepang' On ...

19 komentar untuk "Ankimo (鮟 肝) Hidangan Khas Jepang"

  1. Menu Ankima ini sepertinya khusus jepang ya mas...adanya

    coba di Indonesia misal sudah ada oooh pasti saya akan tiap hari mencicipi hidangan ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yang di indonesia ada sih mas, tapi jarang.. coba aja mampir di link ini..

      http://www.yukmakan.com/article/1044373/whats-new/kreasi-sajian-ankimo-di-miyama-japanese-restaurant

      Delete
  2. NICE POSTING, TERNYATA HATI IKAN BANYAK YG CARI

    ReplyDelete
  3. terlihat seperti bakso ternyata dari hatinya ikan, tapi kalau mengandung merkuri tinggi kok masih di konsumsi ya?

    ReplyDelete
  4. Wah.. Enak nih..
    Tapi sayang kyanya bikin populasi monkfish menjadi sedikit..

    ReplyDelete
  5. Sajiannya tampak jadi bikin ingin makan ankimo hehehe.. iya tap bener tuh ya cara tangkapnya merugikan laut.. jadi rada dilema juga. Ide buruk makan ankimo, tapi sayang kalau nggak dicoba :)

    ReplyDelete
  6. Orang jepang memang unik ya

    ReplyDelete
  7. Jepang memang kaya beragam kuliner mas....banyak lho menu indonesia yang berasal dari jepang

    ReplyDelete
  8. BW sambil makan bakso. mantep banget...

    ReplyDelete
  9. mantap kyaknya tuh gan

    http://myfreebisnis.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. bagi orang indonesia susah cari bahan untuk buatnya.
    www.wowbagoesmath.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. monkfish serem amat ya..seperti ikan monster

    ReplyDelete